Cak Nun Menilai Yon dan Koes Plus Pahlawan buat Penggemarnya

Sabtu, 06 Januari 2018 - 20:59 WIB
Cak Nun Menilai Yon...
Cak Nun Menilai Yon dan Koes Plus Pahlawan buat Penggemarnya
A A A
TANGSEL - Sejumlah musisi dan sahabat terlihat hadir pada upacara pemakaman almarhum Yon Koeswoyo, di Tanah Kusir, Sabtu (6/1/2018). Emha Ainun Nadjib atau yang lebih akrab disapa Cak Nun, adalah salah satu sahabat yang hadir menyaksikan proses pemakaman jenazah salah satu personel Koes Plus itu.
Dalam kesempatan itu, Cak Nun menilai almarhum adalah sosok yang istimewa. Bagi dia, selama hidunya, Yon bersama keluarganya di Koes Plus tidak sekadar menghibur lewat lagu-lagunya. Terlebih, pada masa hidupnya, almarhum Yon dan keluarga Koes Plus dikenal memiliki kedekatan dengan Cak Nun.

''Mereka tidak hanya menghibur masyarakat. Mereka adalah orang yang sudah hidup di hati Anda semua. Mereka yang menyanyikan isi hati Anda, bukan mengisi hatimu dengan nyanyian. Kita semua yang hadir di sini, kita tidak bisa mengelak, mereka adalah pahlawan kita sampai ke surga. Lagu-lagu mereka bukan karya, lagu-lagu mereka adalah hati kita sendiri. Amiin,” kata Cak Nun.

Budayawan tersebut menilai, banyak pelajaran yang bisa digali, baik dari Koes Plus secara keseluruhan maupun Yon secara pribadi. Atas pertimbangan itu, kedepan diharapkan bisa lebih digali lagi lebih dalam. “Saya mengharapkan para pengamat, para penulis, pemerintah, departemen-departemen yang terkait untuk mencari ilmu lebih luas dan lebih tinggi dan lebih komplit memahami keluarga Koes,”papar suami dari Novia Kolopaking itu.

''Saya secara pribadi terus akan mencoba menulis mengenai dimensi-dimensi yang orang tidak ketahui. Barokallah Mas Yon, aku tidak bisa membayangkan Engkau kecuali kita bertemu di Surga,” lanjut dia.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)